Pages

yang berminat dimanapun anda berada silahkan hubungin kami langusung.ini dengan bahan asli Internatioanl.... hub: hp :+20162217687..YAHOO: csejati08@yahoo.com

Tanda-Tanda Fisik Mengalami Depresi

Tekanan hidup yang bertubi-tubi sering kali membuat orang mengalami depresi. Tahukah Anda apa tanda-tanda fisik mengalami depresi?
Tekanan yang menyebabkan depresi dapat dialami siapa saja dan datang dari mana saja. Mulai dari pekerjaan di kantor hingga masalah rumah tangga menjadi penyebab seseorang mengalami depresi.


Meskipun depresi merupakan penyakit psikologis, namun depresi juga menunjukkan gejala-gejala fisik. Berikut ini gejala-gejala yang dialami seseorang yang mengalami depresi.

1. Sakit Kepala
Seseorang yang mengalami depresi sering mengalami sakit kepala atau migran yang sangat buruk.

2. Sakit Punggung

Sama halnya dengan sakit kepala, depresi juga membuat sakit punggung semakan parah.

3. Nyeri Otot

Jika Anda merasakan pegal-pegal atau nyeri otot yang berlebihan, kemungkinan Anda mengalami depresi.

4. Masalah Perut
Mual-mual, diare atau sembelit kronis adalah salah satu ciri-ciri masalah perut yang dialami karena depresi.

5. Insomnia

Banyak orang yang mengalami depresi mengeluh karena sulit tidur.

6. Nafsu Makan
Perubahan nafsu makan sering disebabkan oleh depresi juga.


4 Hal Untuk Ketajaman Otak

img
Otak secara alami akan kehilangan sel-selnya ketika mencapai usia 30 tahun. Akibatnya, daya tangkap akan terganggu, mudah lupa dan sulit mengingat informasi baru. Namun, jangan khawatir ada trik untuk menjaga kemampuan otak agar terus
bekerja secara baik.

1. Teh Hijau
Kandungan teh hijau yang mengandung anti oksidan tinggi, akan memerangi radikal bebas yang dapat menyerang saraf otak. Teh hijau telah terbukti bisa menghambat enzim yang menyebabkan Alzheimer. Selain itu teh hijau juga membuat kemampuan otak lebih tajam.

2. Mengunyah
Kegiatan menguyah dapat meningkatkan aliran darah ke otak yang mengontrol memori. Anda bisa membaca buku sambil mengunyah permen karet sebagai aktivitas harian Anda.

3. Memainkan alat musik
Latihan alat musik dapat meningkatkan ketajaman berpikir. Melakukan latihan musik rutin selama setahun membantu daya pikir dan daya ingat menjadi lebih baik.

4. Mencium wangi bunga
Penelitian di Amerika menunjukkan bahwa, orang yang sering mencium wangi bunga bisa berpikir 17 persen lebih cepat. Aroma bunga dipercaya bisa menghilangkan stress dan menjadikan pikiran lebih tajam. Tempatkan bunga di rumah maupun meja kerja Anda.


Menambah Produksi ASI Secara Alami

img
ASI merupakan nutrisi pertama bagi si kecil. Bagi para mama baru, kurangnya produktivitas ASI merupakan hal yang yang membuat panik. Sering kali rasa khawatir yang berlebihan melanda. Apalagi ketika pemikiran bahwa si kecil tak bisa mendapatkan ASI ekslusifnya selama 6 bulan akan semakin mengganggu.

Produktifitas ASI dapat ditambah mulai dari usia kehamilan dini. Berbagai asupan gisi dan suplemen khusus ibu hamil menjadi salah satu cara jitu.

Namun seringkali para wanita baru menyadarinya ketika si kecil lahir. Produksi ASI dalam tubuh wanita pun dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk gaya hidup. Oleh karena itu cara untuk mengatasinya harus terdiri dari berbagai aspek.

Pertama-tama yang harus diketahui oleh para mama baru adalah aneka bahan makanan yang mengandung Anti-Galactogogues. Anti-Galactogogues adalah bahan yang bisa menghentikan produksi ASI. Biasanya terkandung dalam sayuran, tumbuhan juga obat-obatan.

Sayuran dan tumbuhan yang mengandung Anti-Galactogogues antara lain kol dan daun mint. Sedangkan obat-obatan yang perlu dihindari adalah pseudoephedrine (obat untuk penyakit ginjal) dan anti-histamines (obat anti mabuk).

Hal lain yang akan menambah produksi ASI adalah sebagai berikut.

1. Tidur
Produksi ASI juga ditentukan oleh kondisi fisik dan mental seseorang. Tidur yang cukup akan membuat kondisi fisik dan mental menjadi pulih. Bahkan seorang mama baru disarankan untuk tidur 10 jam per-hari layaknya seorang bayi untuk memulihkan keadaan fisiknya.

2. Minum Air
Dehidrasi merupakan salah satu penyebab berkurangnya produksi ASI. Oleh karena
itu, disarankan bagi para mama untuk minum air secukupnya agar produksi ASI
lancar.

3. Diberi rangsangan
Terkadang ASI susah keluar bukan karena produksinya rendah, melainkan butuh rangsangan. Coba ajak bayi Anda untuk meminum ASI secara langsung. Hal itu akan merangsang ASI untuk mudah keluar dan terus diproduksi.


Menebak Jenis Kelamin Bayi (Bagian 1)

img
Perempuan atau laki-laki? Pertanyaan tersebut yang sering muncul oleh calon orang tua saat bayi masih di dalam kandungan. Berikut beberapa tanda jenis kelamin dari bayi.

Hal yang paling menyenangkan saat masa kehamilan tentunya menebak-nebak apa jenis kelamin sang bayi. Ada beberapa tanda-tanda yang dipercaya bahwa si baby berjenis kelamin lelaki atau perempuan.

Meski tidak sepenuhnya benar, namun bisa menjadi aktivitas yang seru bersama suami untuk menebaknya. Berikut beberapa tanda bila calon bayi Anda berjenis kelamin laki-laki:

1. Tidak merasakan morning sick di awal kehamilan.
2. Detak jantung bayi kurang dari 140 denyut per menit.
3. Kelebihan berat badan cenderung ke depan.
4. Bulatan perut seperti bola basket.
5. Daerah areola (hitam puting susu) berwarna lebih gelap.
6. Bentuk perut lebih ke arah bawah.
7. Ngidam makanan yang asin dan asam.
8. Anda juga ngidam makanan yang mengandung protein, seperti daging dan keju.
9. Kaki Anda lebih dingin dibanding sebelum masa kehamilan.
10. Rambut di kaki Anda tumbuh menjadi lebih lebat.
11. Tangan Anda menjadi sangat kering.
12. Cenderung lebih suka tidur dengan arah bantal ke arah utara.
13. Berat badan suami juga ikut naik.
14. Ekspresi wajah terlihat lelah saat kehamilan.
15. Urin Anda berwarna kuning cerah.
16. Bentuk hidung akan lebih besar.
17. Jika anda meletakkan cincin kawin anda diatas perut anda makan cincin tersebut akan bergerak memutar.
18. Anda lebih sering merasa sakit kepala.
19. Tambahkan dua digit usia Anda, jika hasilnya genap dipercaya sang calon bayi berjenis kelamin laki-laki


Menebak Jenis Kelamin Bayi (Bagian 2)

img
Bayi laki-laki dan perempuan tentunya sama-sama disyukuri oleh calon orang tua. Namun tak ada salahnya untuk mengetahui tanda-tanda yang terjadi bila si calon bayi berjenis kelamin lelaki atau pun perempuan. Setelah di jelaskan tanda-tanda
jika bayi Anda laki-laki dalam artikel Menebak Jenis Kelamin Bayi (Bagian 1), kini akan dijelaskan untuk bayi yang berkelamin perempuan.

1. Mengalami morning sick di masa awal kehamilan.
2. Detak jantung janin paling tidak mencapai 140 detak/menit.
3. Payudara bagian kiri lebih besar dibanding payudara bagian kanan.
4. Berat badan bertambah, terutama pada bagian paha dan pinggul.
5. Sebagian rambut berubah warna menjadi lebih kemerahan.
6. Bentuk perut anda lebih condong ke arah atas.
7. Perut nampak oval seperti buah semangka.
8. Anda ngidam makanan yang manis.
9. Anda juga ngidam buah-buahan, terutama jeruk.
10. Lebih cerewet dibanding sebelum kehamilan.
11. Mood cepat berubah-ubah.
12. Kulit wajah lebih bermasalah dibanding sebelumnya.
13. Payudara anda terlihat lebih besar.
14. Lebih senang tidur ke arah selatan.
15. Urin anda akan berwarna kuning kusam.

Beberapa tanda diatas hanyalah sebuah prediksi yang diteruskan turun temurun. Namun sebuah mitos terkadang benar dan bisa juga salah.

Pijatan Lembut Bayi Untuk Kesehatan

img 
Manfaat pijatan pada bayi diantaranya adalah mengurangi rewel, menaikkan berat badan, membantu bayi tidur lebih nyenyak, serta baik untuk sistem pencernaan si kecil. Tidak hanya itu manfaatnya, menurut penelitian, bayi yang sering dipijat dapat meningkatkan vitalitas, sistem kekebalan tubuh yang baik serta dapat menenangkan dan menghibur bayi.

Namun perlu diperhatikan tehnik pemijatannya. Pijatan untuk bayi tidak memerlukan tekanan yang kuat. Sebuah pijatan dan sentuhan lembut akan membuat bayi lebih rileks.

Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam pemijatan bayi:

Waktu Pemijatan
Hindari pemijatan sebelum dan sesudah makan. Waktu terbaik untuk pemijatan pada pagi dan malam hari. Lakukan pemijatan 15-20 menit. Anda bisa melakukan pijatan setiap hari.

Pijat dengan Baby Oil
Gunakan baby oil atau minyak telon dalam pemijatan. Ini tak hanya memudahkan dalam pemijatan, namun membuat si kecil merasa hangat.

Pemijatan
Pijat perut bayi dari arah kanan ke kiri, kemudian dari atas ke bawah perut. Kemudian pijatlah secara teratur ke arah bawah sampai telapak kaki. Sentuh secara perlahan dengan jempol dengan gerakan memutar serah jarum jam.

Untuk telapak kaki, pijatlah telapak dengan sedikit ditekan. Pijatlah tangan dari pangkal lengan, lalu turun ke tangan Kemudian kembali memijat dari tangan ke pangkal lengan.


Tips Menumbuhkan Kepercayaan Diri

img 
Rasa percaya diri yang rendah tidak hanya terjadi pada gadis remaja tetapi juga rentan pada wanita dewasa. Kondisi ini biasanya berdampak depresi dan  gangguan makan. Berikut tips-tips untuk meningkatkan kepercayaan diri.

1. Kelilingi diri dengan hal-hal positif
Hal menyedihkan, pikiran dan orang yang dipenuhi aura negatif dapat menjatuhkan rasa percaya diri. Lihat kembali lingkungan pergaulan Anda. Cari teman-teman dekat yang selalu bersikap suportif dan tidak banyak menuntut.

2. Lakukan Hal yang disukai
Berhenti melakukan sesuatu untuk kesenangan orang lain. Berikan waktu untuk membangkitkan semangat diri dengan melakukan hal-hal menyenangkan seperti hobi yang telah lama ditinggal.

3. Memberi Pujian Pada diri Sendiri
Lihat apa yang telah dan akan Anda lakukan. Kadang-kadang kita terjebak dalam kesalahan dan kekurangan sehingga lupa untuk menghargai diri sendiri dan apa yang  telah diraih dalam hidup.

4. Memanjakan diri sendiri
Pergilah ke salon atau berbelanja. Lakukan pedikur/manikur, makeover atau ganti gaya rambut baru. Penampilan baru biasanya akan meningkatkan rasa percaya diri dan menghargai diri sendiri. Terjaganya penampilan luar juga mempengaruhi mood dalam diri.

5. Olahraga
Jangan pernah melupakan olahraga. Lakukan olahraga yang sesuai dan cocok dengan minat. Olahraga dapat memompa adrenalin dan membuat panca indra lebih tanggap. Selain itu tubuh dan kesehatan tetap terjaga. Perasaan bugar dan fit selalu bisa membangkitkan rasa percaya diri.

6. Hidup hanya sekali
Bersyukurlah dengan hidup. Banyak orang yang hidupnya tidak seberuntung Anda. Jangan selalu memandang ke atas, tetapi sesekali cobalah untuk melihat ke bawah. Luangkan waktu dengan teman-teman, keluarga dan orang-orang terkasih untuk mengingatkan diri sendiri tentang betapa beruntungnya Anda.

Hati-hati! Memukul Anak Dapat Menurunkan IQ

img 
Dalam kehidupan sehari-hari, orang tua sebagai manusia kadang lupa mengontrol emosi. Berbagai masalah yang dihadapi dan belum lagi energi yang habis ketika mengurus rumah tangga seringkali membuat orang tua
lupa menjaga kendali.

Pukulan ringan atau kekerasan kerap terjadi ketika orang tua emosional. Walau begitu, tak sedikit orang tua yang langsung merasa menyesal ketika telah melakukannya.

Universitas Tulane, Los Angeles melakukan penelitian terhadap kekerasan anak. Hasilnya, anak berusia tiga tahun yang sering mendapatkan kekerasan fisik dari orang tua, cenderung bersikap lebih agresif saat berusia lima tahun. Makin sering kekerasan yang didapatkan, makin agresif pula perilakunya.

Studi lain yang dilakukan oleh Universitas Duke, North Carolina menyatakan bahwa balita yang mengalami kekerasan berdampak rendahnya intelligence quotient atau IQ sang anak. Kekerasan terhadap bayi saat masih berumur satu tahun, akan membuat anak tersebut mempunya nilai kognitif yang lebih rendah saat mereka di usia tiga tahun dibandingkan dengan balita yang tidak mendapatkan kekerasan dari orang tuanya.

Tapi khilaf memang tak bisa dihindari. Jika terlanjur melakukan kekerasan, maka orang tua bisa meminta maaf kepada sang anak.

"Jika pemukulan terjadi secara spontan, orang tua harus menjelaskan secara spesifik dan dengan lembut mengapa mereka melakukan hal tersebut. Mereka juga harus meminta maaf kepada anak mereka karena telah kehilangan kendali," menurut American Academy of Pediatrics kepada sheknows.

Merawat Kulit Si Buah Hati

img
Perawatan kulit memiliki peran yang penting untuk memastikan si kecil tumbuh bahagia dan sehat. Sebagai orang tua Anda harus mengetahui produk apa yang bisa digunakan dan mana yang dianggap perlu.

Kebanyakan orangtua cenderung menganggap perawatan kulit bayi hanya terdiri dari bedak dan lotion bayi. Menurut Uwe Stave, M.D. dokter anak dan pengajar di fakultas ilmu kesehatan anak University of Miami bedak bayi sebenarnya dapat digantikan oleh produk yang lebih efektif. Jika bayi Anda menderita ruam popok (sebuah iritasi kulit yang umum bagi bayi baru lahir), beralihlah pada penggunaan salep atau krim khusus yang dapat menghilangkan ruam tersebut dalam jangka panjang daripada menggunakan tabur bedak bayi pada pantat bayi Anda.

Berhati-hati akan penggunaan produk sabun bayi, tisu bayi, sabun cuci, shampo, lotion dan item lainnya yang bersentuhan baik secara langsung atau tidak dengan kulit bayi. Usahakan produk tersebut bebas parfum dan dibuat dari bahan-bahan alami, bukan bahan buatan atau pengawet.

Dikatakan juga bahwa tidak perlu memandikan bayi Anda setiap hari. Bila bayi Anda masih berumur satu tahun kurang, kemungkinan dia menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tidur bayi dan di lengan Anda dari pada merangkak di lantai atau di luar rumah.

Memandikan bayi beberapa kali seminggu lebih dari cukup untuk menjaga dirinya bersih dan segar. Hal yang juga dianjurkan yaitu hanya menggunakan sabun di daerah-daerah yang kotor, seperti kaki, tangan, alat kelamin dan ketiak. Bilasan hangat di area lain tubuh sudah cukup.

Sama seperti orang dewasa, bayi dapat mengalami terluka akibat sinar matahari dan sengatan matahari. Tetapi penting untuk diingat bahwa tabir surya dan produk serupa tidak boleh digunakan pada bayi lebih muda dari usia enam bulan karena mereka bisa menjadi lebih rentan terhadap reaksi alergi.

Jika bayi Anda terlalu muda untuk tabir surya Anda dapat melindungi dirinya dari sinar UV dengan mengenakan topi dengan pinggiran lebar menutupi wajah dan leher dan menggunakan pakaian panjang longgar longgar sehingga sinar UV tidak dapat mengenai kulit langsung.

4 Cara Untuk Mencegah Kanker Payudara

img 
Perempuan rentan Akan kanker payudara. Dengan pencegahan sejak dini membuat Anda dapat terhindar dari penyakit mengerikan ini.

Sebuah penelitian diperkirakan 40 % kanker payudara dapat dicegah setiap tahunnya. Jika semua perempuan dapat mencegah kanker payudara dapat menyelamatkan perempuan-perempuan. Menurut institut penelitian kanker di Amerika kanker payudaar dpat dicegah dengan 4 hal berikut:

1. Menjaga Berat badan Normal: Mulailah menjaga berat badan karena bila tubuh memiliki banyak lemak, Sel lemak akan memproduksi estrogen berlebihan, yang dapat membuat pertumbuhan kanker.

2. Olahraga minimal 30 menit sehari: Olahraga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan. Selain itu membuat tubuh Anda lebih sehat dan akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kadar hormon yang seimbang. Sehingga dapat terhindar dari kanker payudara.

3. Tidak Minum alkohol: Alkohol menyebabkan kerusakan pada sel-sel. Sehingga lebih rentan untuk mengidap kanker.

4. Menyusui: Jika Anda memiliki bayi, berikan Asi untuk bayi selama 6 bulan. Hal itu bisa mengurangi risiko kanker sampai 60%.

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Hamil

img 
Saat hamil perlu menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar. Waktunya Anda mengurus diri Anda dan janin agar tumbuh menjadi bayi yang kuat.

Oleh karena itu, perlu mengetahui hal-hal yang perlu dihindari saat hamil. Sehingga Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kopi
Selama masa kehamilan sebaiknya membatasi meminum kopi. Jika Anda sebelumnya addict minum kopi, sebaiknya minum kopi maksimal dua cangkir sehari. Terlalu banyak cafein dapat menyebabkan kontraksi rahim yang dapat menyebabkan persalinan prematur bahkan keguguran. Selain itu kopi menyebabkan jantung berdebar. Sebaiknya hindari minum kopi selama kehamilan terutama jika Anda
menderita penyakit jantung dan masalah perut.

Diet
Selama kehamilan tidak dianjurkan menjalankan diet. Karena diet membatasi jumlah nutrisi yang diperlukan untuk ibu dan anak. Untuk membuat bayi sehat, calon ibu membutuhkan gizi sehat dan banyak nutrisi. Saat hamil, calon ibu membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak. Jadi sangat tidak dinjurkan saat hamil menjalankan diet. Setelah bayi lahir, baru bisa menjalankan diet. Dengan sedikit diet sehat dan olahraga, setiap perempuan dapat mnegembalikan bentuk tubuhnya.

Obat
Minum obat tanpa resep dokter atau tanpa persetujuan dokter juga dilarang. Obat akan diserap oleh plasenta bayi dan akan mempengaruhi bayi yang efeknya tentu tidak baik untuk bayi Anda. Oleh karena itu perempuan hamil harus konsultasi terlebih dahulu dengan obat-obatan yang akan diminum termasuk suplemen.

Merokok
Merokok dapat menyebabkan keguguran dan bayi prematur, memperlambat pertumbuhan bayi, kanker paru-paru, asma dan masih banyak lagi kerugian dari merokok.

Alkohol
Minum-minuman alkohol selama masa kehamilan sangat dilarang karena alkohol akan diserap ke dalam aliran darah dan akan mempengaruhi bayi Anda. Kandungan alkohol juga bisa menyebabkan keterbelakangan mental, bayi lahir dengan berat badan yang
lebih rendah dari bayi normal. Pertumbuhan bayi akan lambat, anak akan lambat dalam belajar dan kurang penalaran.

Menangis Itu Penting

img
Masalah merupakan bagian dari hidup. Setiap hari terkadang masalah selalu datang dan pergi membuat kepala Anda menjadi pusing memikirkannya. Teman mungkin menjadi salah satu solusi untuk berbagi cerita tapi bila kita tak bisa menceritakannya, mungkin menangislah jawabannya.

Anggap saja rasa stress itu adalah semacam racun pada tubuh. Yang dimana bila tak Anda keluarkan akan menimbulkan penyakit yang lebih berat. Dengan mengeluarkan keringat biasanya racun akan lebih cepat hilang dari dalam tubuh, begitu juga dengan stres. Jadi Anda dapat melegakan pikiran Anda dengan cara menangis.

Menurut beberapa penelitian, menangis dapat membuat seseorang merasa lebih tenang karena air mata yang keluar dapat juga melepaskan ketegangan syaraf pada tubuh. Air mata yang keluar itu mengandung lebih banyak protein termasuk hormon penyebab stres. Dengan menangis ini, air mata yang keluar akan merangsang produksi hormon endorphin sehingga Anda dapat merasa lebih tenang dan lebih baik.

Menyadari fungsi dari menangis ini, tak heran bila banyak psikologis yang merekomendasikan menagis sebagai salah satu langkah awal penyembuhan stres. Jadi bila Anda merasa tertekan, tidak apa jika Anda ingin menangis karena itu akan melegakan Anda.

Kenali Tanda-tanda Kehamilan Muda

img
Terkadang kita sering tidak menyadari gejala-gejala yang terjadi Ketika kehamilan datang. Padahal kondisi janin yang masih beberapa minggu di dalam kandungan harus dijaga kesehatannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti keguguran.

Untuk itu mengetahui tanda-tanda kehamilan sejak dini sangat penting. Ini beberapa tanda kehamilan yang umum terjadi.

1. Payudara lebih besar
Peningkatan ukuran payudara adalah salah satu gejala paling umum. Ketika kehamilan terjadi perubahan dalam tubuh akan terjadi, ini merupakan sinyal alami tubuh bahwa kondisi tubuh telah berbeda.

2. Mual
Mual yang disebabkan tanpa alasan apapun terutama di pagi hari merupakan tanda awal kehamilan. Sesungguhnya ini juga bisa berarti masalah kesehatan lainnya, jadi Anda harus berhati-hati dan tidak panik setiap kali mual.

4. Sensitif terhadap aroma
Sensitif terhadap bau atau aroma di sekitar juga merupakan tanda kehamilan. Perempuan akan lebih sensitif terhadap aroma tertentu. Aroma akan terasa lebih kuat dan menggangu sehingga seringkali merasa mual.

5. Kelelahan
Kelelahan biasanya terjadi selama kehamilan. Karena ini merupakan faktor penyesuaian terhadap perubahan tubuh. Akibat perubahan tubuh, membuat energi Anda terkuras. Namun jangan khawair tubuh cepat untuk menyesuaikan diri.

6. Kembung
kembung adalah gejala kehamilan yang terjadi karena perubahan rahim. Jelas ini adalah gejala yang dapat terjadi setelah makan makanan tertentu sehingga tidak hanya merupakan gejala kehamilan.

7. Menstruasi berkurang

Biasanya setelah telur dibuahi siklus menstruai berkurang. Ini merupakan gejala kehamilan yang paling sering cepat disadari. Namun sebenarnya pada awal-awal kehamilan beberapa perempuan masih mengalami menstruasi dengan kadar menstruasi yang sedikit.

Jika Anda mengalami beberapa gejala yang telah disebutkan di atas, sebaiknya Anda perlu segera mengambil tindakan yaitu dengan tes kehamilan atau langsung konsultasi dokter untuk memastikan. Beralihlah ke gaya hidup sehat untuk tidak merokok dan minum alkohol untuk menjaga janin dalam kandungan dapat menjadi bayi yang sehat dan sempurna.

Komunikasi Buat Si Kecil Makin Cerdas

img 
Jangan anggap ocehan si kecil sesuatu yang tak penting. Sering berkomunikasi dengan bayi Anda akan membuatnya semakin cerdas.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk dapat berkomunikasi dengan si kecil:

1. Menanggapi tangisan bayi;
Bayi belajar tentang komunikasi melalui tangisan. Pada tahun pertama bayi akan lebih sering menangis sebagai sistem komunikasi dari mereka. Ia belajar dari ia menangis akan ditanggapi oleh orang di sekelilingnya dan kebutuhan mereka
terpenuhi. Saat ia menangis segera beri kebutuhannya, misalnya memeberi susu, mengganti popok atau digendong sambil mengelus-ngelusnya.

2. Percakapan dengan bayi
Bayi mulai berbicara dengan kata-kata tanpa arti misalnya "coo coo". Anda dapat membalas dengan kata-kata tersebut, mereka akan belajar bahwa perkataannya ditanggapi oleh lawan bicaranya, dengan begitu si kecil akan lebih aktif dalam ocehannya.

3. Berbicara secara alami dengan bayi sepanjang waktu Anda bersamanya.
Dengan mengajaknya bicara, bayi akan mengerti apa yang Anda katakan sebelum Ia dapat banyak berbicara. Saat bayi tumbuh dalam lingkungan yang kaya bahasa, mereka secara alami belajar untuk berbicara. Ketika Anda secara teratur berbicara dengan bayi Anda dan mendengarkan, dia akan mudah belajar bahasa. Bayi akan belajar berbicara secara bertahap.

4. Bicaralah pada bayi Anda tentang apa yang anda lakukan bersamanya.
Jangan merasa canggung untuk berkomunikasi dengan bayi. Bayi membutuhkan pengalaman Anda dengan berulang-ulang mendengar Anda berbicara. Selama mengganti popok Anda dapat mengatakan "Ini adalah popok keringmu, mama sedang mengganti popok untukmu". Bayi akan belajar dan melihat apa yang terjadi disekitarnya.

5. Bernyanyi juga merupakan salah satu alat brkomunikasi dengan bayi. Ini akan
menyenangkan hati si kecil. Ketika Anda bernyanyi berarti Anda berbicara dengan irama apalagi bila Anda memakai gerakan. Hal ini membuat si kecil memahami maknanya.

Dengan berkomunikasi dengan bayi akan membangun ikatan dengan si kecil. Ia pun semakin cerdas.

Mainan Agar si Kecil Tidur Pulas

img
Si kecil sulit diajak tidur? Sebaiknya ganti mainannya. Bukan mainan yang membuatnya kembali aktif, melainkan mainan yang bisa membuatnya tidur pulas.

Heartbeat Bear

Mainan ini cukup populer dan dapat ditemukan di toko mainan atau toko yang menjual peralatan bayi. Binatangnya tidak selalu beruang, tetapi bisa juga domba atau kuda poni. Konsepnya sama yaitu mengeluarkan bunyi seperti detak jantung. Bayi menghabiskan waktu 9 bulan di dalam rahim ibu, dan setiap saat dia mendengar detak jantung sang ibu. Karena itulah binatang yang lucu serta suara yang familiar membuat bayi cepat mengantuk.

Musical Mobile
Mainan mobil-mobilan yang dapat bergerak dan mengeluarkan suara. Biasanya suara yang dikeluarkan adalah lagu nina bobo. Gerak lambat mobil yang berulang-ulang serta lagu yang menenangkan membuat bayi cepat terlelap.

Benda Favorit
Membutuhkan waktu yang berbeda untuk seorang bayi mendapatkan benda favoritnya. Benda itu bisa dalam berbagai bentuk. Bisa boneka, bantal atau selimut. Benda ini akan menemani bayi setiap waktu, dan membuat bayi tenang.

Terkadang jadwal tidur bayi yang tidak menentu bisa menyebabkan bayi maupun anda kurang sehat. Karena itu sangat penting untuk menetapkan jadwal tidur bayi. Sehingga pikiran bayi dapat mengatur sendiri kapan waktunya dia untuk tidur.

Jangan biarkan bayi anda tidur seharian. Hal ini akan membuatnya sulit tidur pada malam hari. Anda pun akan sulit tidur karenanya

Persiapkan Anak Ujian Tanpa Tertekan

img
Menjelang ujian, biasanya anak Anda perlu dukungan. Dampingi ia belajar dengan penuh perhatian tapi tanpa membuatnya tertekan.

Pertama-tama adalah mempersiapkan ruang belajar yang layak bagi anak. Jika meja belajarnya terlihat berantakan, bantulah anak untuk membereskannya. Meja belajar yang lapang dan bersih membuat anak tenang dan siap untuk belajar.

Hindari belajar terlalu malam. Jika anak kurang tidur, maka materi yang telah ia pelajari semalaman, bisa hilang begitu saja ketika ujian.

Pastikan juga anak Anda tidur cukup (minimal tujuh jam). Dengan tidur yang cukup, maka keesokan harinya anak Anda akan segar dan siap menghadapi ujian.

Buatlah suasana rumah senyaman mungkin untuk anak. Suara televisi yang terlalu keras atau canda tawa dari anggota keluarga lain kerap kali mengganggu konsentrasi anak saat belajar.

Saat anak sedang belajar, Anda tidak harus mengontrolnya dengan duduk disamping anak sepanjang waktu. Berikan sang anak sedikit ruang agar ia tidak tertekan. Anda bisa mengontrolnya dengan sekali-kali melihat kondisinya.

Bantulah anak Anda dalam belajar. Misalnya membantunya menghafal sebuah kalimat atau menghitung dalam pelajaran matematika. Jika Anda mempunyai trik yang cukup unik, bocorkanlah trik tersebut agar anak lebih mudah untuk menghafal atau menghitung.

Jangan melarang anak Anda mematikan ipodnya. Beberapa anak merasa lebih berkonsentrasi bila belajar sambil mendengarkan musik. Namun jangan pernah membiarkannya belajar di depan televisi yang menyala. Suara yang dihasilkan televisi hanya mengganggu konsentrasi anak.

Memaksa anak belajar berjam-jam tanpa henti merupakan sebuah kesalahan. Belajar tanpa henti justru akan membuat anak Anda tertekan. Selain itu otak anak tidak bekerja dengan baik ketika tidak beristirahat dalam waktu lama. Oleh karena itu, berikanlah anak Anda istirahat 10 menit setiap belajar selama 90 menit.

Berikan anak Anda makanan yang kaya akan nutrisi untuk meningkatkan kinerja otak. Pastikan juga anak Anda mendapatkan sarapan yang baik agar kinerja otak semakin maksimal saat menghadapi ujian.

Bantu anak membereskan peralatannya untuk berangkat ke sekolah dan pastikan tidak ada yang tertinggal. Terkadang hal kecil yang terlupakan seperti kartu ujian kerap kali membuyarkan konsentrasi anak.

Terakhir, jangan lupa berikan dia reward untuk menghiburnya. Misalkan jika ia cepat menghafal atau setelah selesai belajar, sediakan makanan favoritnya, ajak ia bermain, atau biarkan dia melakukan kegiatan yang disukainya selama batas waktu tertentu.

Tetap Rileks Saat Hamil

img
Karena perubahan kondisi tubuh, banyak perempuan yang stress pada saat hamil. Untuk menenangkan pikiran, sesi relaksasi sangat dibutuhkan untuk ibu hamil.

Latihan Pernafasan

Latihan pernafasan dapat membantu untuk lebih tenang dan rileks. Konsentrasi sangat dibutuhkan dalam latihan pernafasan. Fokus pada paru-paru, ambil posisi duduk atau berbaring, atur posisi senyaman mungkin. Posisi yang nyaman dapat membuat pernafasan lebih dalam. Tarik napas perlahan melalui hidung. Tahan napas selama satu atau dua detik kemudian buang
perlahan-lahan melalui mulut.

Pijat

Pijatan saat hamil dibutuhkan untuk melancarkan peredaran darah dan menghilangkan pegal pada tubuh karena berat tubuh yang bertambah. Pastikan Anda memilih terapis pijat profesional untuk melakukannya. Titik-titik yang dapat membuat rileks ibu hamil adalah daerah kaki atau punggung. Pilihlah minyak aromaterapi yang aman untuk ibu hamil.

Yoga

Yoga adalah cara yang bagus untuk mengurangi stress. Latihan yoga juga berfungsi untuk memudahkan saat proses persalinan. Pastikan bahwa posisi yoga yang Anda lakukan benar agar terhindar dari cedera. Untuk latihan yoga yang aman, sebaiknya
mengikuti kelas yoga dengan instruktur yang berpengalaman.

Anda mungkin cemas dengan kondisi kehamilan Anda. Pikiran positif harus selalu dibangun. Saat hamil merupakan waktu yang tepat untuk memanjakan diri. Lakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan dan bermanja-manjalah dengan suami. Buatlah diri Anda bahagia sebelum Anda sibuk dengan bayi Anda.

Tampilan Yang Memukau Calon Mertua

img 
Bertemu orang tua kekasih memang tidak mudah. Kita pasti ingin terlihat sempurna di mata mereka. Tak ada salahnya untuk melakukan persiapan yang matang sebelumnya.

Tampil natural adalah yang terpenting. Gunakan make up yang ringan-ringan saja.
Sang calon mertua pasti ingin melihat wajah asli Anda. Make up tebal justru malah mengesankan pribadi berlebihan.

Untuk memilih busana kuncinya adalah kesopanan. Tunjukan bahwa Anda adalah perempuan yang tahu sopan santun dengan tidak mengenakan baju yang terbuka. Jangan pernah terpikirkan untuk mengenakan bodycon yang ketat dan mini. Pastikan pakaian Anda tidak mengekspose sisi 'nakal' Anda.

Anda bisa memilih sepatu apa saja saat bertemu sang calon mertua, namun utamakan kenyamanan. Jika Anda masih rikuh memakai sepatu high heels, lebih baik lupakan, atau Anda hanya akan terlihat konyol.

Kebersihan badan juga perlu diperhatikan. Aroma badan, mulut dan kaki yang kurang sedap akan menurunkan nilai Anda di mata calon mertua.

Setelah mempersiapkan diri dari ujung rambut sampai ujung kaki, bawalah beberapa buah tangan untuk sang mertua. Tersenyumlah, dan tunjukan bahwa Anda adalah perempuan yang percaya diri.

Payudara Tetap Indah Saat Menyusui

img
Dengan terus-menerus proses menyusui, payudara, puting susu dan kulit sekitar payudara menjadi kering dan pecah-pecah. Dengan rajin perawatan, payudara Anda bisa indah kembali.

Rajinlah untuk merawat puting dengan mengompres dengan kapas yang sudah diberi baby oil atau minyak kelapa. Beri sedikit pijatan di sekitar payudara untuk melancarkan ASI.

Oleskan sedikit ASI sesudah dan sebelum menyusui, karena ASI mengandung zat pelembab yang melembutkan puting dan aerola (daerah hitam sekitar puting) serta mengandung disinfektan.

Apabila payuadara Anda bengkak dan terasa perih, lakukan pemijatan menggunakan minyak atau baby oil, kemudian kompres payudara dengan air hangat.

Apabila puting terlanjur lecet, pakai lotion khusus payudara. Perhatikan kandungan dari produk tersebut. Cari produk-produk alami yang mengandung chamomile, minyak kelapa dan jojoba. Produk-produk ini berfungsi untuk melembabkan kulit sensitif.

Kenali Tanda-Tanda Keguguran

img
Keguguran adalah mimpi buruk bagi setiap perempuan. Kebanyakan perempuan bahkan tak menyadari saat keguguran itu terjadi. Lebih baik kenali tanda-tandanya.

Keguguran biasanya terjadi saat usia kandungan tak lebih dari delapan minggu. Menurut penelitian, keguguran banyak terjadi karena para perempuan belum sadar bahwa dirinya hamil. Selain itu kandungan yang masih sangat rentan dan lemah di awal usia kehamilan juga menjadi salah satu penyebabnya.

Keguguran di usia 6 minggu kehamilan biasanya ditandai dengan pendarahan tanpa
rasa sakit. Biasanya banyak perempuan yang mengira bahwa dirinya tengah mengalami menstruasi yang lebih berat dari biasanya.

Keguguran pada usia kehamilan 6 - 12 minggu akan diikuti dengan rasa sakit dan perih. Rasa sakit itu timbul saat pendarahan terjadi.

Sedangkan perempuan yang mengalami keguguran pada usia kehamilan lebih dari 12 minggu akan mengalami rasa sakit serta pendarahan yang luar biasa. Bahkan rasa sakit yang dirasakan sama dengan saat melahirkan.

Yang perlu diketahui, ada banyak penyebab keguguran. Seperti hormon yang tidak seimbang, sistem imun yang terganggu, infeksi, virus, serta faktor genetik. Yang paling penting adalah secepatnya memeriksakan diri saat tamu bulanan datang terlambat. Jika kehamilan diketahui lebih cepat, Anda pun akan semakin tanggap dalam menjaga si calon buah hati.

Waspadai Tanda-Tanda Kekerasan Rumah Tangga!

img
Kekerasan rumah tangga bukan hanya selalu tentang kekerasan fisik. Kekerasan
finansial, kekerasal sosial sampai kekerasan seksual juga kerap terjadi dalam rumah tangga. Waspadai tanda-tandanya!

1. Kekerasan Verbal: salah satu tanda-tanda kekerasan verbal adalah pelaku seringkali mengkritik korbannya. Hal ini dilakukan tak hanya saat berdua tapi juga ketika di muka umum. Umumnya korban akan merasa tak berharga, selalu salah, dan memiliki percaya diri yang rendah.

2. Lebam dan Cidera: Ini adalah bentuk kekerasan yang tampak mata. Ketika ditanya, korban biasanya tidak mampu menjelaskan atau memberi alasan yang kurang masuk akal. Biasanya korban kerap menutupi cidera atau lebamnya dengan make-up, pakaian, atau perban.

3. Amarah yang Tak Terkendali: Pelaku biasanya menunjukkan amaran yang tak terkendali kepada korbannya. Umumnya pelaku mengancam akan menyakiti korban atau orang di sekitarnya. Korban biasanya dijadikan sumber kesalahan atau penyebab dari kemarahan itu. Kemarahan si pelaku, biasanya tak hanya membuat korban takut, tapi juga orang-orang lain yang dekat dengan mereka

No comments:

Post a Comment

Silahkan luangkan waktu anda untuk memberikan Sedikit Komentar Buat Kemajuan Blog ini.. Setetes Komentar anda sangat berarti buat saya ok tulis yaaa..

login di bawah ini!


RestaurantAsean
Bookmark and Share

Catatan Da'wah

Possibly Related

Iklan Jitu, Bermutu

Masukkan Code ini K1-CC8E97-A
untuk berbelanja di sini
BLOG INI MASIH DALAM TAHAB PERBAIKAN MOHON MAAF APABILA MENGGANGGU KENYAMANAN SAUDARA